Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) STT HKBP ke HKBP Tampahan Distrik XI Toba Hasundutan.

Pada Sabtu, 24 Agustus 2024 - Sekolah Tinggi Theologia HKBP (STT HKBP) Pematangsiantar, memulai semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 dengan sebuah kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Gereja HKBP Tampahan Distrik XI Toba Hasundutan. Kegiatan ini berlangsung hingga Minggu, 25 Agustus 2024. Acara ini melibatkan rombongan mahasiswa dan dosen pembimbing akademis STT HKBP, yang dipimpin oleh Pdt. Pahala Jannen Simanjuntak, D.Th. Persiapan kegiatan PkM ini dimulai dengan pengajuan surat permohonan oleh Pdt. Pahala Jannen Simanjuntak, D.Th., kepada Pdt. Marisi Hot Simanjuntak, S.Th, MM, dan Parhalado HKBP Tampahan. Surat permohonan tersebut meminta kesediaan gereja untuk menerima kegiatan ini. Setelah melalui diskusi di sermon huria, Pdt. Marisi Hot Simanjuntak, S.Th, MM, dan Parhalado HKBP Tampahan menyetujui dan memberikan persetujuan resmi melalui surat. Surat persetujuan ini kemudian disampaikan kepada Kepala Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) STT HKBP, Pdt. Ricky P. Hasibuan, M.Th., oleh Pdt. Pahala Jannen Simanjuntak, D.Th. Proses persiapan pelaksanaan PkM ini ditangani oleh staf Yuniar Simamora, S.Th., dengan mempersiapkan dokumen dan perjanjian pelaksanaan kegiatan ini. Panitia kegiatan yang terdiri dari, Nadia Simanjuntak sebagai Ketua Pelaksana, Mikha Damanik sebagai Bendahara, dan Syafril Marbun sebagai Sekretaris.

Jemaat HKBP Tampahan menyambut dengan antusias kegiatan PkM ini sesuai dengan rundown acara yang telah dipersiapkan oleh panitia. Kegiatan pertama dari PkM ini adalah pembinaan bagi remaja persiapan HKBP Gurgur Dolok Aek Raja yang sedang mempersiapkan huria nagok. Sebanyak 50 remaja dan naposo mengikuti acara ini dengan penuh semangat. Pdt. Pahala Jannen Simanjuntak, D.Th., menyampaikan materi dengan topik “Kuat di dalam Tuhan” berdasarkan Efesus 6:10-20. Dalam materi ini, beliau mengajak para remaja dan pemuda untuk memperkuat iman mereka dalam Tuhan Yesus, menjauhi kejahatan yang dapat merusak kehidupan, mencintai Gereja, dan rajin beribadah. Setelah sesi pembinaan dan kebaktian, kegiatan dilanjutkan dengan sesi permainan  games yang bertujuan untuk memotivasi dan mempererat kekompakan pemuda/i dalam wadah NHKBP. Kegiatan ini dipandu oleh Theresia Hutabarat dan Nadia Simanjuntak, dengan dibantu tim mahasiswa STT HKBP. Permainan ini dirancang untuk membangun semangat dan solidaritas di antara para pemuda, serta meningkatkan keterlibatan mereka dalam komunitas gereja. Pada hari kedua, kegiatan PkM difokuskan pada pengajaran sekolah Minggu di dua gereja, yaitu HKBP Tampahan dan persiapan HKBP Gurgur Dolok Aek Raja. Para mahasiswa mengikuti ibadah pada pukul 08.00 WIB dan 10.00 WIB, turut serta dalam kegiatan koor puji-pujian (evanggelisasi koor) baik selama ibadah maupun setelahnya, serta berpartisipasi dalam tim musik dan song leaders. Khotbah dalam ibadah tersebut disampaikan oleh Pdt. Pahala Jannen Simanjuntak, D.Th., di Gereja Tampahan dan persiapan HKBP Gurgur Dolok Aek Raja. Parhalado, melalui Pendeta Ressort Gr. Simanungkalit dan calon Guru Huria Ruben Simanjuntak, mengapresiasi terhadap kegiatan ini dan menyampaikan salam hangat kepada STT HKBP.

Sebagai penutup kegiatan, rombongan STT HKBP menikmati makan bersama dengan jemaat sebelum memulai perjalanan pulang ke kampus. Sebagai bagian dari perjalanan, rombongan menyempatkan diri untuk mengunjungi Pantai Bulbul Balige, sebuah destinasi wisata alam yang terkenal di Kabupaten Toba. Kunjungan ini memberikan kesempatan untuk menikmati keindahan alam setempat sebelum kembali ke kampus STT HKBP. Rombongan tiba kembali di kampus STT HKBP pada pukul 20.00 WIB dengan selamat dan penuh sukacita. Kegiatan PkM ini tidak hanya memberikan manfaat bagi jemaat Gereja HKBP Tampahan Distrik XI Toba Hasundutan dan persiapan HKBP Gurgur Dolok Aek Raja tetapi juga memperkuat hubungan antara STT HKBP dan komunitas gereja lokal, serta memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Seluruh rangkaian kegiatan PkM ini diakhiri dengan ucapan syukur kepada Tuhan, Raja Gereja, atas pelaksanaan kegiatan yang sukses dan penuh berkat.

 

*** Foto – Foto Kegiatan.

 

 

 

 

 

 

 

- Dipost oleh. Moni Lumban Gaol


Sumber : http://stt-hkbp.ac.id/berita/detail/pengabdian-kepada-masyarakat-pkm-stt-hkbp-ke-hkbp-tampahan--distrik-xi-toba-hasundutan-