PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI THEOLOGIA HKBP PEMATANGSIANTAR

Pemtangsiantar, Rabu, 24 April 2024

  1. Sejarah Singkat Perpustakaan STT HKBP

    Perpustakaan STT HKBP Pematangsiantar didirikan bersamaan dengan berdirinya STT HKBP pada tanggal 12 April 1978. Pada awal mula berdiri nama yang digunakan adalah Fakultas Theologia Universitas HKBP Nommensen. Beralamat di jalan Asahan No. 4 Pematangsiantar.

Pada saat Sinode Godang Istimewa HKBP tanggal 28 Januari – 4 Pebruari 1978 memutuskan bahwa PGMTSU dan Fakultas Theologia Universitas HKBP Nommensen disatukan dan ditetapkan menjadi Sekolah Tinggi Theologia Huria Kristen Batak Protestan (STT HKBP). Peresmiannya dilakukan dengan kebaktian di gereja HKBP Tomuan Pematangsiantar pada tanggal 12 April 1978 yang dihadiri para pimpinan gereja-gereja di Sumatera Utara. Mulai tanggal 16 maret 1979 penyelenggaraan penyatuan kegiatan dan proses belajar mengajar dari kedua lembaga pendidikan teologi tersebut dapat terlaksana dengan baik. Tanggal 12 April 1978 secara resmi menjadi Dies Natalis STT HKBP.

Beberapa pemimpin/kepala perpustakaan yang pernah menjabat sebagai kepala perpustakaan di Perpustakaan STT HKBP adalah sebagai berikut:

  1. Bapak David L. Baker
  2. Pdt. G.R Rajagukguk, M.Th
  3. Pdt. Dr. Sontilon Siahaan
  4. Pdt. Colan Pakpahan, M.Th
  5. Pdt. Wilda Simanjuntak, M.Th
  6. Pdt.Tumpal Silitonga, M.Th
  7. Pdt. Dr. Rospita Siahaan, M.Th
  8. Pdt. Sahat Siburian, M.Th
  9. Pdt. Donny Padang, M.Si.

 

  1. Visi Misi Perpustakaan
  • VISI

“Menjadi perpustakaan teologi yang unggul dalam bidang biblika“

  • MISI
  1. Menyediakan  sumber referensi keilmuan bidang biblika yang relevan dan mutakhir untuk mendukung penyelenggaraan tri dharma perguruan tinggi
  2. Mengembangkan layanan prima perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi
  3. Menjadi mitra bagi civitas academika dalam penyelenggaraan pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

            Selain Visi dan Misi Perpustakaan STT HKBP Pematangsiantar berpedoman kepada Nilai – Nilai Sekolah Tinggi Theologia HKBP : Beriman, Berilmu dan Berkarakter. Perpustakaan dapat diartikan secara tradisional adalah:  Perpustakaan atau rumah buku, kutubkhanah adalah sebuah koleksi buku dan majalah. Perpustakaan juga diartikan sebagai kumpulan informasi yang bersifat ilmu pengetahuan, hiburan, rekreasi, dan ibadah yang merupakan kebutuhan hakiki manusia, upaya untuk memelihara dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses belajar-mengajar,  Perpustakaan yang terorganisasi secara baik dan sistematis

Perpustakaan Sekolah Tinggi Theologia (STT HKBP) merupakan jantungnya  mahasiswa didalam dunia pendidikan karena berbagai macam informasi bisa kita dapatkan di perpustakaan. Perpustakaan sangat berfungsi sebagai sarana rekreasi, informasi dan penelitian, pendidikan, kebudayaan, deposit, dan pelestarian. Layanan perpustakaan Sekolah Tinggi Theologia diselenggarakan dengan tujuan untuk membantu mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan informasi pemustaka secara tepat dan akurat, yaitu melalui penyediaan bahan pustaka dan penyediaan sarana penelusuran. Sistem pencarian buku sebagai bahan yang dibutuhkan sudah menggunakan OPAC (Online Public Access Catalogue) berfungsi sebagai penemuan kembali informsi yang dibutuhkan oleh penggunanya. Tujuan lain dari perpustakaan juga dapat mendidik dirinya sendiri secara berkesinambungan, Dapat mengembangkan kemampuan berpikir positif, kreatif, membina rohani dan dapat menggunakan kemampuannya untuk dapat menghargai hasil seni dan budaya manusia, Dapat juga menggunakan waktu senggang dengan baik yang bermanfaat bagi kehidupan pribadi dan sosial. Perpustakaan STT HKBP membuka jam layanan yaitu : Pagi Buka Pukul : 08 -16.00 Wib (Hari Senin – Jumat) dan malam hari buka Pukul : 19.00 – 21.00 Wib (Senin – Jumat). Perpustakaan STT HKBP  merupakan anggota dari ForPPTI : adalah suatu forum yang hadir dari pergumulan bersama para pustakawan dan pengelola perpustakaan teologi di Jakarta pada mulanya dan kemudian diperkenalkan pada wilayah lainnya di Indonesia.

 

 

 

 

 

 

# by : Mlg #

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Sumber : http://stt-hkbp.ac.id/berita/detail/perpustakaan-sekolah-tinggi-theologia-hkbp-pematangsiantar